Disusun Oleh :
Iyon Purnabakti (09141114)
PGSD / 7C
Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
IKIP PGRI Madiun
2013
A. Pendahuluan
Banyak siswa kelas V SDN Kawedanan 01 Magetan yang mengalamikesulitan
ketika siswa disuruh oleh gurunya untuk menulis dialog tanpa media hanya ada
30% siswa yang mampu menulis dialog dengan lancar yang mencapai nilai diatas
KKM. Padahal dalam kegiatan sehari-hari tanpa mereka sadari mereka melakukan
percakapan namun siswa masih merasa kesulitan dalam menulis dialog.
Dalam proses pembelajaran sebelumnya siswa ditunjuk untuk memmpraktekan
sebuah dialog yang ada dibuku. Setelah dialog dipraktekan guru menyuruh siswa
untuk membuat sebuah dialog, tetapi masih banyak siswa yang merasa bingung
bagaimana cara membuat dialog, guru menjelaskan cara-cara menulis dialog, namun
siswa masih banyak merasa bingung.
Penyebab rendahnya penguasaan menulis dialog tersebut diduga karena guru
tidak menggunakan media sama sekali. Dengan tiadanya media pembelajaran siswa
mengalami kesulitan untuk membuat sebuah dialog.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas,Si peneliti akan berupaya
meningkatkan kemampuan menulis dialog dengan sebuah media gambar berseri.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apakah
penggunaan media gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan menulis dialog
siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
2.
Bagaimana
penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis dialog
siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
C. Tindakan
yang dilakukan
1.
Guru
menyampaikan prosedur pembelajaran.
2.
Guru
membagikan gambar secara acak pada tiap kelompok.
3.
Tiap kelompok
mendiskusiakan gambar tersebut agar menjadi urutan yang logis.
4.
Tiap kelompok
membuat dialog sesuai gambar.
D. Indikator
keberhasilan
ASPEK
|
CARA MENGUKUR
|
Keaktifan siswa
mengajukan pertanyaan
|
Diamati selama pembelajaran berlangsung
|
Ketepatan waktu dalam menganalisis gambar
|
Diamati
dari kemampuan mengurutkan gambar secara logis
|
Ketepatan dalam
membuat drama dengan gambar
|
Diamati
dari kemampuan membuat drama sesuai urutan gambar
|
Interaksi antar
siswa pada kegiatan diskusi
|
Diamati
ketika siswa melakukan diskusi, dicatat keterlibatan masing-masing siswa
dalam kelompok
|
Ketuntasan hasil
belajar
|
Dihitung
dari nilai diskusi dan
tes akhir pembelajaran. Siswa yang memperoleh nilai lebih
besar/sama dengan 75 dinyatakan
tuntas.
|
E. Tujuan
Penelitian ini bertujuan
untuk:
1. Untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog melalui
media gambar berseri siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan.
2. Untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri
untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog siswa kelas V SDN Kawedanan 02
Magetan.
F. Manfaat
v Manfaat Teoritik: memberikan sumbangan pengetahuan
pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Indonesia
di SD,
v Manfaat Praktis:
Ø Siswa
Siswa
akan lebih aktif dan memahami dalam
mengikuti Proses Belajar Mengajar.
Ø Guru
Agar guru
selalu menggunakan media pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.
Ø Kepala Sekolah
Kepala
sekolah dapat mensosialisasikan hasil
penelitian ini kepada guru-guru kelas 5
SD
G. Kajian
Pustaka
·
Karakteristik
siswa kelas V SD
·
Media gambar
berseri
·
Model
pembelajaran picture and picture
·
Standar isi :
Menulis dialog bagi siswa kelas V
H. Metode
penelitian
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan PTK ini
dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
·
Tahap 1:
perencanaan
(Menyusun RPP, Simulasi pembelajaran, Alat penilaian & Lembar Observasi)
·
Tahap 2:
pelaksanaan
(Melaksanakan Pembelajaran, Melakukan Pengamatan)
·
Tahap 3:
refleksi
(Malakukan Penilaian hasil belajar, Melakukan Penilaian Kinerja)
·
Tahap 4:
kesimpulan
(jika siklus pertama tidak berhasil diteruskan ke
siklus 2)
I. Jadwal
Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan.
Pembuatan rencana tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal
dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 28 september 2012, dikerjakan
setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal
1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu
pada tiap hari Selasa dan Kamis masing-masing 2 x 35 menit.
J. Daftar
Pustaka
Drs.Ibadullah.M,M.Pd,
Drs.Edy Siswanto. 2012. Penelitian
Tindakan Kelas. Madiun : IKIP PGRI
Madiun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar