Selamat Datang,, blog ini hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan dan sharing bersama

Sabtu, 05 Januari 2013

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BAGI SISWA KELAS V SDN KAWEDANAN 02 MAGETAN






PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BAGI SISWA KELAS V SDN KAWEDANAN 02 MAGETAN






Disusun Oleh :
Iyon Purnabakti          (09141114)
PGSD / 7C

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
IKIP PGRI Madiun
2013

 
A.    Pendahuluan
Banyak siswa kelas V SDN Kawedanan 01 Magetan yang mengalamikesulitan ketika siswa disuruh oleh gurunya untuk menulis dialog tanpa media hanya ada 30% siswa yang mampu menulis dialog dengan lancar yang mencapai nilai diatas KKM. Padahal dalam kegiatan sehari-hari tanpa mereka sadari mereka melakukan percakapan namun siswa masih merasa kesulitan dalam menulis dialog.
Dalam proses pembelajaran sebelumnya siswa ditunjuk untuk memmpraktekan sebuah dialog yang ada dibuku. Setelah dialog dipraktekan guru menyuruh siswa untuk membuat sebuah dialog, tetapi masih banyak siswa yang merasa bingung bagaimana cara membuat dialog, guru menjelaskan cara-cara menulis dialog, namun siswa masih banyak merasa bingung.
Penyebab rendahnya penguasaan menulis dialog tersebut diduga karena guru tidak menggunakan media sama sekali. Dengan tiadanya media pembelajaran siswa mengalami kesulitan untuk membuat sebuah dialog.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas,Si peneliti akan berupaya meningkatkan kemampuan menulis dialog dengan sebuah media gambar berseri.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah penggunaan media gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan menulis dialog siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
2.      Bagaimana penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis dialog siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?

C.    Tindakan yang dilakukan
1.      Guru menyampaikan prosedur pembelajaran.
2.      Guru membagikan gambar secara acak pada tiap kelompok.
3.      Tiap kelompok mendiskusiakan gambar tersebut agar menjadi urutan yang logis.
4.      Tiap kelompok membuat dialog sesuai gambar.

D.    Indikator keberhasilan
ASPEK
CARA MENGUKUR
Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan
Diamati selama pembelajaran berlangsung
Ketepatan waktu dalam menganalisis gambar
Diamati dari kemampuan mengurutkan gambar secara logis
Ketepatan dalam membuat drama dengan gambar
Diamati dari kemampuan membuat drama sesuai urutan gambar
Interaksi antar siswa pada kegiatan diskusi
Diamati ketika siswa melakukan diskusi, dicatat keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompok
Ketuntasan hasil belajar
Dihitung dari nilai diskusi dan tes akhir pembelajaran. Siswa yang memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 75 dinyatakan tuntas.

E.     Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.      Untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog melalui media gambar berseri siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan.
2.      Untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan.

F.     Manfaat
v  Manfaat Teoritik: memberikan sumbangan pengetahuan pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD,
v  Manfaat Praktis:
Ø  Siswa
Siswa akan lebih aktif dan memahami            dalam mengikuti  Proses Belajar         Mengajar.
Ø  Guru
Agar guru selalu menggunakan           media pembelajaran dalam    Proses Belajar Mengajar.
Ø  Kepala Sekolah
Kepala sekolah dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepada guru-guru kelas 5 SD

G.    Kajian Pustaka
·        Karakteristik siswa kelas V SD
·        Media gambar berseri
·        Model pembelajaran picture and picture
·        Standar isi : Menulis dialog bagi siswa kelas V

H.    Metode penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan PTK ini dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
·        Tahap 1: perencanaan
(Menyusun RPP, Simulasi      pembelajaran, Alat penilaian & Lembar Observasi)
·        Tahap 2: pelaksanaan
(Melaksanakan Pembelajaran, Melakukan Pengamatan)
·        Tahap 3: refleksi
(Malakukan Penilaian hasil belajar, Melakukan Penilaian Kinerja)
·        Tahap 4: kesimpulan
(jika siklus pertama tidak berhasil diteruskan ke siklus 2)

I.       Jadwal Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan. Pembuatan rencana tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 28 september 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu pada tiap hari Selasa dan Kamis masing-masing 2 x 35 menit.

J.      Daftar Pustaka
Drs.Ibadullah.M,M.Pd, Drs.Edy Siswanto.   2012. Penelitian Tindakan Kelas.       Madiun : IKIP PGRI Madiun
Download Button

Tidak ada komentar:

Posting Komentar