PENELITIAN
TINDAKAN SEKOLAH
Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan
KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
Disusun
oleh:
Kelompok
5
1.
Hadi
Sulistiyono (09141091)
2.
Irfan
Fajar Handika (09141109)
3.
Iyon
Purnabakti (09141114)
4.
Kusnul
Pujianto (09141120)
PROGRAM
STUDI PENDIIDKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI MADIUN
2013
PERLATIHAN
1. Buatlah
rumusan judul PTK saudara dengan cara mengisi format berikut ini!
Apa masalah
yang akan dipecahkan atau apa yang akan ditingkatkan?
|
Kemampuan
penggunaan KPK dan FPB
|
Apa tindakan
yang akan dilakukan?
|
Mengubah model
pembelajaran
|
Siapa yang
akan dikenai tindakan tersebut?
|
Siswa Kelas 5
SDN Kawedanan 02 Magetan
|
Rumusan
Judul
Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan
Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
|
2. Tulislah
butir-butir rumusan masalah untuk judul PTK Saudara dengan terlebih dahulu
mengisi kolom-kolom berikut ini!
Judul PTK
|
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB
Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
|
Rincian
indikator dari masalah yang akan dipecahkan
|
1.
Siswa mampu
menggunakan KPK dalam memecahkan masalah sehari-hari.
2.
Siswa mampu
menggunakan FPB dalam memecahkan masalah sehari-hari.
|
Tindakan yang akan digunakan untuk mengatasi
masalah
|
Penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
Subjek/
siswa yang dikenai tindakan
|
|
Rumusan
masalah
|
1.
Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan
penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan?
2.
Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5
SDN Kawedanan 02 Magetan?
|
3. Tujuan
penelitian saudara dalam kolom berikut ini!
Tujuan Penelitian
|
1.
Untuk mengetahui kemampuan penggunaan KPK dan FPB
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas 5 SDN
Kawedanan 02 Magetan.
2.
Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan penggunaan KPK dan FPB
siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan.
|
4. Tulislah
hipotesis penelitian saudara dalam kolom berikut!
Hipotesis Penelitian
|
Jika menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD maka kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 akan
mengalami peningkatan.
|
5. Tulislah
butur-butir pokok yang melatarbelakangi PTK saudara!
Judul PTK
Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan
Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
|
Mengapa
kemampuan tersebut perlu ditingkatkan?
|
Kemampuan
penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan masih renadah
|
Apa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut?
|
1.
Kurang menariknya pembelajaran yang disajikan oleh
guru.
|
2.
Kurangnya penggunaan modela pembelajaran yang
cocok.
|
Mengapa
tindakan tersebut yang dipilih?
|
Karena
dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat lebih
tertarik terhadap pembelajaran matematika tentang penggunaan KPK dan FPB.
|
6. Tulislah
butir-butir pokok kajian teori/pustaka!
Kajian pustaka
|
1.
Kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5.
2.
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
3.
Standar Isi : KPK dan FPB.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar