Selamat Datang,, blog ini hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan dan sharing bersama

Sabtu, 05 Januari 2013

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan



PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan



Disusun oleh:
Kelompok 5
1.          Hadi Sulistiyono                                (09141091)
2.          Irfan Fajar Handika                         (09141109)
3.          Iyon Purnabakti                                (09141114)
4.          Kusnul Pujianto                                (09141120)


PROGRAM STUDI PENDIIDKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2013



PERLATIHAN
1.    Buatlah rumusan judul PTK saudara dengan cara mengisi format berikut ini!
Apa masalah yang akan dipecahkan atau apa yang akan ditingkatkan?
Kemampuan penggunaan KPK dan FPB
Apa tindakan yang akan dilakukan?
Mengubah model pembelajaran
Siapa yang akan dikenai tindakan tersebut?
Siswa Kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan
Rumusan Judul
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan

2.    Tulislah butir-butir rumusan masalah untuk judul PTK Saudara dengan terlebih dahulu mengisi kolom-kolom berikut ini!
Judul PTK
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
Rincian indikator dari masalah yang akan dipecahkan
1.    Siswa mampu  menggunakan KPK dalam memecahkan masalah sehari-hari.
2.    Siswa mampu  menggunakan FPB dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Tindakan yang akan digunakan untuk mengatasi masalah
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjek/ siswa yang dikenai tindakan
Siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan

Rumusan masalah
1.    Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan  penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan?
2.    Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan?

3.    Tujuan penelitian saudara dalam kolom berikut ini!
Tujuan Penelitian
1.    Untuk mengetahui kemampuan penggunaan KPK dan FPB menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan.
2.    Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan.






4.    Tulislah hipotesis penelitian saudara dalam kolom berikut!
Hipotesis Penelitian
Jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 akan mengalami peningkatan.

5.    Tulislah butur-butir pokok yang melatarbelakangi PTK saudara!
Judul PTK
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan KPK dan FPB Siswa Kelas 5 Kawedanan 02 Magetan
Mengapa kemampuan tersebut perlu ditingkatkan?
Kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Kawedanan 02 Magetan masih renadah

Apa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut?
1.    Kurang menariknya pembelajaran yang disajikan oleh guru.
2.    Kurangnya penggunaan modela pembelajaran yang cocok.
Mengapa tindakan tersebut yang dipilih?
Karena dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat lebih tertarik terhadap pembelajaran matematika tentang penggunaan KPK dan FPB.

6.    Tulislah butir-butir pokok kajian teori/pustaka!
Kajian pustaka
1.    Kemampuan penggunaan KPK dan FPB siswa kelas 5.
2.    Model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
3.    Standar Isi : KPK dan FPB.

Download Button

Tidak ada komentar:

Posting Komentar